Baidu Browser Merilis Daftar Pencarian dan Konten Populer di Indonesia pada Kuartal 1/2015

Baidu Browser, aplikasi peramban khusus perangkat mobile berbasis Android, merilis daftar pencarian dan konten populer yang diakses oleh para penggunanya di Indonesia. Daftar ini disusun berdasarkan analisis data aktivitas pengguna Baidu Browser di Indonesia selama kuartal pertama tahun 2015 (Q1/2015).

Hingga kini di Indonesia saja, Baidu Browser telah diunduh sebanyak 20 juta kali, dan telah memiliki 6,5 juta pengguna aktif bulanan (monthly active users) serta lebih dari satu juta pengguna aktif harian (daily active users). Selama Q1/2015, total jumlah pencarian yang dilakukan oleh pengguna Baidu Browser mencapai lebih dari 43 juta. Sementara, dalam periode yang sama, total jumlah halaman web yang dikunjungi oleh pengguna (total page views) mencapai lebih dari 1,65 miliar.

Berdasarkan hasil analisa pengguna Baidu Browser, dapat disimpulkan bahwa kebanyakan pengguna peramban mobile di Indonesia lebih mengutamakan aplikasinya untuk membaca berita-berita penting dan terkini, seperti berita nasional dan politik. Mereka juga sangat suka membaca berita-berita dalam negeri yang melibatkan tokoh-tokoh kontroversial dan penuh sensasi. Selain itu, mereka lebih banyak mengakses fitur pencarian dalam perambannya untuk menemukan informasi yang bersifat ringan dan santai, seperti informasi tentang dunia hiburan dan gaya hidup.

Baidu-Browser-Users-Infographic-Q1-2015

Daftar pencarian dan konten populer yang dirilis oleh Baidu Browser dibagi ke dalam beberapa kategori, yakni Most Popular Profiles, Top Keywords Category Search, dan Top News Category. Detailnya sebagai berikut:

Most Popular Profiles

Tokoh-tokoh populer di Indonesia yang beritanya paling banyak dibaca orang melalui Baidu Browser adalah

1.  Ahok (sebanyak 15%)

Yang mendongkrak popularitas Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dalam Q1/2015, adalah perseteruannya dengan DPRD DKI terkait RAPBD (Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) DKI Jakarta.

2.  Jokowi (11%)

Yang mendongkrak popularitas Jokowi adalah keputusan-keputusan yang dia ambil selama menjabat sebagai Presiden Indonesia di Q1/2015, antara lain pencalonan tersangka kasus korupsi Budi Gunawan sebagai Kapolri dan keputusan eksekusi mati terhadap terdakwa narkoba Duo Bali Nine.

3.  Chelsea Islan (9%)

Yang menjadikan Chelsea Islan sebagai salah satu tokoh populer adalah berita-berita tentang beredarnya video panas seorang wanita yang mirip dengan dirinya.

4.  Jessica Iskandar (6,80%)

Yang menjadikan aktris ini populer adalah berita terkait pelecehan seksual terhadap dirinya dan kasus perceraiannya dengan Ludwig Franz, seorang pria bangsawan berdarah Jerman.

5.  Haji Lulung (4,50%)

Yang mendongkrak popularitas Haji Lulung adalah berita-berita terkait dengan beredarnya banyak meme (gambar lucu) yang menggambarkan anggota DPR ini.

6.  Abraham Samad (4,50%)

Yang mendongkrak popularitas Abraham Samad adalah berita-berita yang berhubungan dengan perseteruan antara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Polri.

7.  Tatang Koswara (4,50%)

Berita meninggalnya sniper legendaris Indonesia, Tatang Koswara, membuat banyak orang penasaran dan ingin membaca profil dan kisah hidupnya.

8.  Anies Baswedan (4,50%)

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan menjadi salah satu tokoh yang beritanya paling dicari, terkait dengan konsep Ujian Nasional 2015.

9.  Duo Bali Nine (4,50%)

Dua terdakwa kasus narkoba asal Australia ini menjadi populer terkait berita-berita tentang upaya pemerintah Australia untuk membatalkan eksekusi mati mereka di Indonesia.

10.  Syahrini (2,30%)

Syahrini menjadi salah satu tokoh yang beritanya paling banyak dibaca, terkait dugaan hubungannya dengan salah satu saksi dalam kasus yang melibatkan Pimpinan KPK Abraham Samad.
Data ini berdasarkan 100 artikel paling populer yang dibaca oleh pengguna Baidu Browser. Dari daftar ini, dapat disimpulkan bahwa berita-berita yang melibatkan tokoh-tokoh kontroversial dan penuh sensasi paling menarik perhatian para pengguna dalam memilih artikel yang ingin mereka baca. 

 

Top Keywords Category Search

Daftar pencarian populer berdasarkan kategori yang dilakukan oleh pengguna Baidu Browser di Indonesia:

  1. Hiburan dan Gaya Hidup (sebanyak 56,5%)

Kata-kata kunci yang masuk dalam kategori ini, antara lain berkaitan dengan konten-konten dewasa, film dan musik, serta layanan perbankan dan info lowongan kerja.

  1. Teknologi (14,10%)

Kata-kata kunci yang masuk dalam kategori ini, antara lain berkaitan dengan layanan e-commerce, portal berita, layanan e-mail, dan search engine.

  1. Media Sosial (10,30%)

Kata-kata kunci yang masuk dalam kategori ini, antara lain Twitter dan Facebook.

Menilik hasil temuan di atas, dapat disimpulkan bahwa kebanyakan pengguna ingin membaca atau mencari informasi mengenai hal-hal yang menghibur, serta topik-topik yang ringan dan santai.

 

Top News Category

Baidu Browser menampilkan beragam konten berita berdasarkan kategori. Berikut ini adalah kategori-kategori berita dalam Baidu Browser yang paling banyak dikunjungi oleh para pengguna di Indonesia:

  1. Nasional (sebanyak 34%)
  2. Politik (22%)
  3. Internasional (17%)
  4. Hiburan (14%)
  5. Gaya Hidup (9%)

Berita-berita mengenai  berbagai hal yang terjadi di dalam negeri menjadi daya tarik nomor satu bagi para pembaca di Indonesia. Selain itu, berita-berita politik dan internasional juga menarik perhatian mereka. Setelah itu, mereka baru akan membaca berita-berita ringan, seperti berita hiburan dan gaya hidup.

 

Masih berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Baidu Browser selama Q1/2015, rata-rata pengguna mengunjungi 34 situs web setiap harinya. Selain itu, rata-rata waktu yang dihabiskan oleh pengguna untuk menjelajah mobile internet setiap harinya adalah 24,04 menit.

“Melalui laporan ini, kami ingin memberikan wawasan mengenai kebiasaan para pengguna mobile browser di Indonesia. Kami berharap informasi ini dapat berguna bagi para pelaku industri mobile dan internet, terutama para pengembang konten, dalam mempelajari dan memahami karakteristik pengguna mobile di Indionesia,” ujar Bao Jianlei, Managing Director Baidu Indonesia.

“Untuk mendukung perkembangan ekosistem mobile internet di Indonesia, kami juga berencana untuk merilis laporan ini secara rutin pada setiap kuartal,” ungkapnya lagi.