Tips Hindari Penipuan Belanja Online

Belanja online memang lebih seru, lebih mudah dan lebih nyaman. Tapi harus tetap waspada, supaya pengalaman belanja online kamu nggak berubah jadi mimpi buruk!

Kasus yang baru saja terjadi belakangan ini, saat seorang pelaku belanja online mendapati barang yang dikirim berbeda dari pesanan. Tragedi seperti ini nggak satu dua kali saja terjadi.

Kejadian seperti ini memang jadi tantangan tersendiri bagi segmen belanja online. Tapi nggak usah takut, kamu tetap bisa belanja online dengan lebih nyaman dan aman, asal waspada dan memahami tips dan trik di bawah ini.

Cek Identitas Toko Online
1
Ini salah satu langkah pertama yang harus kamu lakukan. Sebelum menentukan belanja online di salah satu toko online, ada baiknya kamu cek reputasinya terlebih dulu. Identitas toko yang jelas dan banyak dikunjungi konsumen akan jadi pilihan terbaik.

Pilih Cara Pembayaran
7
Menurut beberapa ahli, salah satu langkah yang harus diperhatikan adalah memilih cara atau metode pembayaran. Sekarang ini, sudah banyak online shop yang menawarkan beragam metode pembayaran. Ada beberapa marketplace yang menahan pembayaran dari pembeli, sebelum barang sampai di tangan pembeli.

Jangan Pakai Komputer Umum
2
Jauhi berbelanja online dengan menggunakan komputer umum, seperti di warnet. Hal ini penting untuk menghindari kebocoran akun yang kamu pakai atau miliki.

Paham Prosedur
4
Ada baiknya kamu memahami terlebih dulu seluk beluk prosedur belanja online sebelum melakukan pembelian. Misalnya, apakah di situ tersebut tersedia beberapa metode pembayaran, atau bagaimana metode pengiriman barang dilakukan, atau apakah ada proses refund jika barang nggak sesuai.

Cek Reputasi
6
Setiap online shop yang ada pasti memiliki reputasinya tersendiri di masyarakat. Ada baiknya kamu melihat-lihat dulu, mana online shop yang punya reputasi terbaik. Hal ini bisa dilihat dari testimony pembeli.

Simpan Bukti
8
Bukan hanya menyimpan bukti transaksi dari pembelian kamu, tapi simpan juga segala bentuk bukti korespondensi yang terkait dengan pembelian kamu. Jadi apabila ada sesuatu hal yang nggak diinginkan, kamu bisa mengajukan protes ke pihak online shop.

One thought on “Tips Hindari Penipuan Belanja Online

  1. H.n. Marowati

    Belanja online memang mudah dan praktis tapi tetap kudu waspada terhadap penipuan. Makasih tips dan triknya, sangat bermanfaat.

Comments are closed.