Inilah Konten yang Paling Menarik Perhatian Pengguna DU Browser di Indonesia Selama Q3 2015

Menutup kuartal ketiga tahun 2015 (Q3 2015) pada akhir September lalu, DU Browser (sebelumnya adalah Baidu Browser) kembali merilis daftar pencarian dan konten populer yang diakses oleh para pengguna di Indonesia. Daftar tersebut disusun berdasarkan analisis data aktivitas pengguna DU Browser di Indonesia selama Q3 2015.

DU Browser - infographic - Q3 2015

Baidu menemukan bahwa para pengguna mobile di Indonesia masih tetap mengutamakan perambannya untuk membaca berita penting terkait hal-hal yang terjadi di dalam negeri. Hal ini bisa dilihat dari besarnya porsi kategori berita nasional (25%) yang menempati peringkat teratas dalam daftar berita yang paling banyak dibaca oleh pengguna DU Browser. Pada dua kuartal sebelumnya pun, berita nasional menjadi berita yang paling banyak dibaca oleh pengguna, yakni sebanyak 34% pada Q1 2015 dan 26,6% pada Q2 2015.

Meski begitu, temuan tentang preferensi berita pada Q3 2015 sedikit berubah jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Pada Q2 2015, berita hiburan menduduki posisi kedua dalam daftar berita yang paling banyak dibaca oleh pengguna DU Browser, yakni sebanyak 22%. Sedangkan pada Q3 2015, posisi kedua ditempati oleh berita internasional dengan porsi sebesar 20,8%.

Temuan lain menunjukkan bahwa pada Q3 2015, Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih menjadi salah satu tokoh paling populer di negeri ini, meskipun tidak menempati peringkat pertama. Jokowi juga menjadi satu-saatunya tokoh dari kalangan pemerintah atau politisi yang beritanya paling banyak dibaca oleh pengguna DU Browser. Sementara tokoh-tokoh populer lainnya berasal dari kalangan selebriti dalam dan luar negeri. Meski begitu, tokoh populer yang paling menarik perhatian para pembaca adalah pria asal Banyuwangi, Jawa Timur, yang bernama Tuhan.

DU Browser membagi daftar pencarian dan konten populernya selama Q3 2015 ke dalam tiga kategori, yakni Most Popular Profiles, Top Keywords Search Category, dan Top News Category. Detailnya adalah sebagai berikut:

 

Most  Popular Profiles

Berikut ini daftar tokoh populer di Indonesia yang beritanya paling banyak dibaca orang melalui DU Browser selama Q3 2015:

  1. Tuhan (13,9%)

Seorang tukang kayu yang bernama “Tuhan” menjadi sorotan para pembaca berita di DU Browser. Pria asal Banyuwangi, Jawa Timur, itu mendadak tersohor dan kisahnya banyak diperbincangkan orang.

  1. Kim Sa Rang (11,7%)

Kim Sa Rang adalah mantan Miss Korea tahun 2000. Popularitasnya kembali terdongkrak ketika namanya masuk dalam daftar 50 Artis Korea Terseksi 2015 menurut program The List di tvN, stasiun TV hiburan di Korea Selatan.

  1. Stephen Hawking (8,9%)

Berita tentang proyek perburuan alien “Breakthrough Initiatives” mengangkat popularitas pakar kosmologi asal Inggris, Stephen Hawking, selama Q3 2015. Hawking menjadi salah seorang penyandang dana dalam proyek senilai triliunan rupiah itu.

  1. Floyd Maywheater (7,2%)

Berita tentang gelar juara dunia Floyd Maywheater dicabut oleh WBO, WBC, dan WBA karena dianggap tidak memenuhi aturan yang berlaku di dunia tinju, menjadi salah satu topik hangat yang diikuti oleh para pembaca DU Browser.

  1. Anggita Sari (6,9%)

Nama Anggita Sari menjadi populer karena adanya berita tentang tertangkapnya artis berinisial AS yang terlibat dalam kasus prostitusi online, di sebuah hotel mewah di Surabaya. Anggita Sari diduga sebagai artis tersebut.

  1. Jokowi (6,8%)

Jokowi selalu menjadi obyek berita yang menarik perhatian masyarakat. Namun pada Q3 2015, hal yang paling menyita perhatian pengguna DU Browser adalah berita tentang pendapat Sang Presiden terkait polemik yang berkembang antara para tukang ojek pangkalan dengan layanan Go-Jek.

  1. Vitalia Sesha (6,7%)

Artis dan model seksi Vitalia Sesha naik daun pada Q3 2015 lalu karena berita kontroversial terkait penangkapannya saat sedang mengikuti pesta narkoba di salah satu hotel berbintang di Jakarta.

  1. Salman Bin Abdulaziz (6,5%)

Berita-berita tentang Salman Bin Abdul Aziz menarik perhatian para pengguna DU Browser, terutama mengenai respons, komentar, serta tanggung jawab dari Raja Arab Saudi ini terkait tragedi jatuhnya crane di Mekkah yang menewaskan banyak jamaah haji.

  1. Sintya Hermawan (6,4%)

Berita-berita tentang Sintya Hermawan, bocah berusia 6 tahun yang menghilang di Mal Pusat Grosir Cililitan, Jakarta, menarik perhatian banyak pembaca DU Browser.

  1. Suzy Miss A (6,3%)

Penyanyi dan aktris asal Korea Selatan, Suzy Miss A, masuk dalam sorotan pembaca terutama karena adanya berita tentang kedekatan dia dengan aktor Lee Min Ho. Selain itu, banyak pula pembaca yang penasaran dengan foto-foto perbandingan wajah Suzy sebelum dan sesudah operasi plastik.

Daftar di atas diperoleh berdasarkan 100 artikel paling populer yang dibaca oleh pengguna DU Browser selama Q3 2015.

 

Top Keywords Search Category

Sama seperti pada kuartal sebelumnya, daftar pencarian populer berdasarkan kategori di DU Browser selama Q3 2015 masih didominasi oleh kategori hiburan dan teknologi. Berikut ini daftar pencarian populer berdasarkan kategori yang dilakukan oleh pengguna DU Browser di Indonesia selama Q3 2015:

  1. Hiburan (37%)

Kata kunci yang masuk dalam kategori ini antara lain berhubungan dengan konten dewasa, musik dan film, serta komik, gambar-gambar, selebriti, dan cerita.

  1. Teknologi (27,7%)

Kata kunci yang masuk dalam kategori ini berhubungan dengan layanan e-commerce, marketplace, portal berita, serta layanan e-mail, search engine, dan media sosial.

  1. Olahraga (9,7%)

Kata kunci yang paling banyak digunakan dalam kategori ini antara lain berhubungan dengan MotoGP, sepak bola Indonesia, dan berita olahraga internasional.

Menilik hasil temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa kebanyakan pengguna browser tertarik dan penasaran untuk mencari informasi tentang hal-hal yang bersifat menghibur serta ringan dan santai.

 

Top News Category

Berikut ini adalah kategori-kategori berita di DU Browser yang paling banyak dibaca oleh para pengguna di Indonesia:

  1. Nasional (25%)
  2. Internasional (20,8%)
  3. Hiburan (18,75%)
  4. Gaya Hidup (16,6%)
  5. Olahraga (8,3%)

 

Pada Q3 2015 berita nasional masih tetap menjadi berita yang paling banyak dibaca oleh pengguna DU Browser, sedangkan berita internasional menduduki peringkat kedua, menggeser berita hiburan yang pada Q2 2015 menempati peringkat kedua dengan jumlah sebanyak 22%. Meski begitu, pada Q3 2015 berita hiburan tetap memegang daya tarik yang besar, karena menduduki peringkat ketiga dengan porsi sebesar 18,75%. Sementara itu, berita politik yang pada Q2 2015 masuk dalam daftar berita yang paling banyak dibaca oleh pengguna, tidak lagi masuk dalam daftar karena tergeser oleh berita olahraga.

“Kami menyusun daftar pencarian dan konten populer di DU Browser berdasarkan analisis data aktivitas pengguna di Indonesia selama Q3 2015. Pada kuartal ketiga yang baru berlalu, kami menemukan bahwa para pengguna mobile di Indonesia lebih mengutamakan perambannya untuk membaca berita penting, terutama yang terkait dengan hal-hal yang terjadi di dalam negeri,” ujar Bao Jianlei, Direktur Baidu Indonesia.

“Melalui laporan tentang kebiasaan dan preferensi berita dari para pengguna mobile browser di dalam negeri ini, kami berharap dapat memberikan wawasan bagi para pelaku industri mobile, terutama para pengembang konten, dalam memahami karakteristik pengguna mobile di Indonesia,” Bao menambahkan.

DU Browser merupakan peramban khusus perangkat Android yang dikembangkan oleh Baidu. Hingga kini di Indonesia, DU Browser telah diunduh lebih dari 42 juta kali, serta telah memiliki 7 juta pengguna bulanan aktif (monthly active users).

One thought on “Inilah Konten yang Paling Menarik Perhatian Pengguna DU Browser di Indonesia Selama Q3 2015

Comments are closed.