Baidu Bikin Bank Online

Baidu, raksasa mesin pencarian asal China, ini berencana terjun ke dunia perbankan dengan meluncurkan bank online. Langkah ini dilakukan dengan menggandeng layanan finansial Citic group. 

baidu

Baixin Bank, hasil kolaborasi di antara Baidu dan China Citic Bank, akan menjadi lembaga perbankan pertama di China yang dibentuk oleh perusahaan internet dan bank tradisional. Citic Bank yang berbasis di Beijing dan bagian dari Citic group, akan menjadi pengatur pemegang saham. Berdasarkan informasi yang didaftarkan ke bursa saham, bank baru ini punya modal senilai 2 miliar yuan.

“Pendirian Baixin Bank akan menandai pencapaian finansial internet di China,” kata Chief Executive Baidu Robin Li seperti detikINET kutip dari Forbes, Kamis (19/11/2015).

Beberapa pengamat menilai, langkah Baidu ini akan menyaingi Alibaba. Baidu seperti diketahui digambarkan sebagai Google-nya China. Namun perusahaan ini berupaya lebih besar lagi dengan merambah bisnis lain di luar mesin pencarian. Sebelumnya, Baidu sudah punya platform online payment bernama Baidu Wallet.

Raksasa e-commerce Alibaba dan Tencent yang berada di balik aplikasi messaging populer WeChat, mengalahkan Baidu di sektor perbankan dengan kolaborasi mereka. Alibaba diketahui memiliki 30% saham di MYbank, melalui unit bisnis Ant Financial Services. Bank online ini bari dibuka Juni silam. Januari lalu, Tencent meluncurkan bank online bernama WeBank, dan memegang sekitar 30% sahamnya.

Source: inet.detik.com

2 thoughts on “Baidu Bikin Bank Online

Comments are closed.