Baidu Berhasil Ciptakan Mobil Tanpa Sopir

Pada hari Kamis (10/12/2015) kemarin, Baidu baru saja mengumumkan bahwa mobil tanpa sopir mereka telah berhasil melalui serangkaian tes sulit dalam berbagai kondisi yang berbeda.

kJ48gxcZlL

Setelah tes ini selesai dilakukan, Baidu mengklaim bahwa mereka telah berhasil menjadi perusahaan pertama di Tiongkok yang berhasil membuat mobil yang dapat berkendara sendiri sepenuhnya, tanpa bantuan manusia.

Berdasarkan laporan dari VentureBeat, Baidu pertama kali mengembangkan teknologi ini di tahun 2013. Ketika itu, mereka berencana untuk memetakan jalan-jalan besar di Tiongkok dengan sistem pemetaan 3D milik mereka dalam rentang waktu 10 tahun.

Mengingat betapa luasnya Tiongkok, rencana Baidu ini bukanlah sesuatu yang mudah untuk direalisasikan.

Saat ini, berbagai perusahaan teknologi raksasa seperti Google dan Apple, sedang mengembangkan teknologi mobil tanpa sopir mereka sendiri. Bulan lalu, Elon Musk, CEO Tesla, bahkan memanfaatkan Twitter untuk mencari para ahli softwareuntuk menjadi bagian dari tim pengembang software mobil tanpa sopir milik Tesla.

“Serangkaian tes ini dilakukan dalam berbagai keadaan jalan yang kompleks. Dan kendaraan Baidu – sebuah mobil BMW 3 Series yang telah dimodifikasi – berhasil menyelesaikan tes ini dengan melakukan sekumpulan tindakan tertentu dan memberikan respon yang sesuai dengan keadaan jalan,” kata Baidu.

Baidu juga menambahkan bahwa kecepatan tertinggi yang berhasil dicapai oleh mobil mereka adalah 100 km per jam.

Mobil buatan Baidu ini berhasil melakukan putaran balik, berbelok ke kiri dan ke kanan, melakukan pengereman saat mendeteksi adanya kendaraan lain di depan, berganti jalur, melewati mobil lain, masuk ke dalam antrean mobil dan keluar dari antrean mobil.

Meski Baidu berhasil menunjukkan bahwa teknologi mobil tanpa sopir telah jauh lebih berkembang, kemungkinan besar, pemerintah Tiongkok akan memerlukan waktu setidaknya beberapa tahun untuk membuat regulasi mobil tanpa sopir sebelum mobil tersebut dapat digunakan di jalan-jalan.

 

Source: http://teknologi.metrotvnews.com/