Tips Mengamankan Android dari Virus dan Malware

Virus dan malware memang sudah tidak lazim lagi di ponsel Android, apalagi bila kita memasuki situs aplikasi yang ilegal/tidak resmi maka bisa jadi aplikasi yang ada telah di susupi oleh virus, trojan, adware ataupun malware. Hal ini tentulah sangat merugikan pengguna yang terinfeksi karena akan menyebabkan berbagai dampak negatif seperti hilangnya data, tercurinya akun, dan masih banyak lagi yang lainnya.

1-SecurityAndroid

Untuk itu sahabat perlu berhati-hati dan berwaspada agar ponsel android kamu tidak terserang virus dan malware. Penasaran cara mengamankan ponsel android dari virus? Simaklah dengan baik tips-tips berikut ini:

1. Selalu Memperbaharui Versi Software Android

5-SecurityAndroid

Update OS secara rutin dapat membantu smartphone kamu agar terhindar dari bahaya virus atau malware.

2. Aktifkan Fitur Keamanan
Dalam sistem operasi Android sebenarnya sudah terdapat fitur kemanan, dimana fitur tersebut mampu memfilter aplikasi-aplikasi berbahaya yang hendak diinstal dalam smartphone kamu. Cara mengaktifkannya cukup mudah, tinggal masuk ke menu setting kemudian pilih security dan centang verify apps.

3. Unduh Aplikasi di Situs Resmi

3-SecurityAndroid

Cara pertama yang bisa di lakukan agar ponsel android kita tidak di susupi virus yaitu unduhlah aplikasi dari toko aplikasi terpercaya, salah satunya toko aplikasi bernama Mobomarket.

4. Hindari Mengunduh Aplikasi Bajakan di BlackMarket

4-SecurityAndroid

Sekarang ini sudah banyak sekali aplikasi-aplikasi yang beredar dimana-mana, namun tidak dapat di pungkiri bahwa aplikasi tersebut aman dari virus. Berhati-hatilah bila mengunduh aplikasi dari situs yang tidak resmi, lebih baik tidak mengunduh aplikasi dari situs tersebut agar ponsel android kita tetap aman dari virus dan malware.

5. Instal Antivirus

6-AntivirusAndroid

Dengan memasang antivirus di ponsel android, kamu bisa mengotimalkan dalam mengamankan smartphone kamu dari berbagai ancaman virus dan malware. Salah satu antivirus android yang recomended adalah DU Speed Booster. Sebenarnya aplikasi ini dikhususkan untuk meningkatkan kinerja ponsel, tetapi dengan fitur yang dibawakan dalam aplikasi ini yaitu DU Security, bisa mencegah berbagai macam ancaman virus dan malware yang menyerang ponsel android.

5 thoughts on “Tips Mengamankan Android dari Virus dan Malware

Comments are closed.