Melestarikan Bumi Dengan Hemat Energi

Mematikan listrik dalam rangka gerakan Earth Hour jadi lebih seru, karena gerakan hemat energi bisa dimulai dari smartphone-mu!

EH Surabaya

Setiap tahunnya, seluruh penduduk dunia memperingati gerakan Earth Hour dengan cara mematikan lampu atau listrik selama 1 jam, sebagai tanda kepedulian akan kelestarian Bumi. Begitu pun di Indonesia, sudah beberapa tahun belakangan Earth Hour diisi dengan beragam kegiatan menarik.
Pada Earth Hour 2016, masyarakat Indonesia juga kembali mengambil bagian. Berbagai tempat di beragam kota di Indonesia ikut berpartisipasi melalui bermacam-macam kegiatan. Di Bogor, Malang dan Surabaya, dengan dukungan dari DU Group dan ES File, diadakan rangkaian kegiatan seru di hari Sabtu, tanggal 19 Maret 2016 silam. Lewat partisipasinya di 3 kota ini, DU Group dan ES File ingin memberikan andil dalam mensosialisasikan makna hidup hemat energi demi masa depan Bumi dan lingkungan yang lebih baik.
Selain mematikan lampu secara serentak selama 1 jam pada pukul 20:30 hingga 21:30, momen Earth Hour kali ini punya banyak kegiatan menarik. Berbagai penampilan dari komunitas lokal dihadirkan di tiap kota. Mulai dari musik akustik, tarian tradisional, sampai freestyle sepakbola. DU Group dan ES File juga menyediakan photobooth khusus untuk para pengunjung yang ingin ber-selfie ria.
Di antara sekian banyak kegiatan seru, ada beberapa yang paling menarik. Seperti di Malang, dihadirkan sepeda statis yang bisa digunakan oleh semua pengunjung untuk menyalakan Logo 60+ dan peta Indonesia. Sepeda yang berdiri tegak di Balai Kota Malang itu tentu saja diserbu pengunjung.
Sementara di Surabaya, ada komunitas sepeda yang bersama-sama melakukan night ride. Selain itu, ada juga komunitas yang menghadirkan pameran daur ulang dari sampah-sampah. Pameran ini berhasil menarik perhatian pengunjung yang memadati Perpustakaan Pusat Bank Indonesia.
Di tengah keseruan itu, DU Group dan ES File juga membagikan totebag sebagai bagian dari sosialisasi pengurangan penggunaan kantong plastik. Untuk mendapatkan totebag gratis itu, pengunjung hanya perlu menunjukkan salah satu aplikasi DU Group atau ES File di ponsel mereka!
Melalui salah satu aplikasinya, DU Battery Saver, DU Group juga mensosialisasikan bahwa hemat energi bisa dimulai dari hal kecil, seperti dari smartphone para pengunjung. Dengan adanya DU Battery Saver di smartphone, cukup dengan klik atau tap tombol “Optimize”, maka daya tahan baterai smartphone akan dioptimalkan secara cerdas. Dengan begitu, smartphone itu sudah berpartisipasi dalam penghematan energi!
“Kami sangat senang bisa mendukung kegiatan earth hour di beberapa kota, seperti Malang, Bogor dan Surabaya. Aplikasi DU Baterry Saver merupakan salah satu aplikasi yang bisa membantu untuk menghemat energi, dimulai dari hal yang paling sederhana yaitu smartphone. Kami akan mendukung terus acara earth hour melalui aktifitas aktifitas menarik lainnya dalam rangka menghijaukan bumi”. Ungkap Linyi, Product General Manager Baidu Indonesia.
Tingkat keseruan semakin bertambah saat di penghujung acara, seluruh pengunjung dikejutkan dengan kehadiran flashmob yang dilakukan oleh para relawan Earth Hour! Tentu saja hal ini menjadi penutup sempurna dari malam yang sangat berharga bagi para pengunjung, relawan, dan bagi Bumi kita.
Shine a light on climate action!

6 thoughts on “Melestarikan Bumi Dengan Hemat Energi

  1. Rey

    Eventnya seru banget pasti ya? sayang tidak ada di daerah saya. Yang kayak gini ini yang bisa menyelamatkan dunia

  2. INDRA SUSANTO

    kampanyenya bagus, semoga banyak yang mengadakan event-event seperti ini.

Comments are closed.