Latih Motorik Anak Dengan Aplikasi Phone Baby

Pada anak usia 6 sampai 12 bulan stimulasi terhadap integrasi sensori perlu mendapat perhatian besar. Beri rangsangan berupa permainan yang mengintegrasikan seluruh indera, diantaranya adalah indra penglihat dan pendengar. Dengan demikian, gangguan terhadap integrasi sistem sensori dapat dihindari. Stimulasi ini bisa dilakukan melalui beragam mainan.

unnamed (1)

Bayi usia 8-12 bulan adalah pengamat dan peniru ulung. Ia menyerap beberapa informasi penting, antara lain cara berbicara, cara berjalan, termasuk juga saat menelepon. Meski belum lancar berbicara, ia berusaha berkomunikasi menggunakan telepon mainan dengan menggenggam gagang telepon, lalu menekan tombol-tombol angka. Balita kemudian berbicara di telepon dan tertawa-tawa. Telepon mainan membantu anak belajar mengembangkan imajinasi dan fantasinya. Dengan bermain pura-pura menggunakan telepon mainan, anak juga belajar menggunakan benda sesuai fungsi.

Kami akan membahas aplikasi android yang dapat digunakan untuk menstimulasi indra penglihat dan pendengar, yaitu aplikasi Telepon Bayi atau Phone Baby. Aplikasi yang besarnya 9,05 MB ini dikembangkan oleh developer GoKids!. Phone Baby adalah sebuah game edukasi mengasyikkan untuk anak-anak. Aplikasi ini membantu orang tua mengubah smartphone biasa menjadi mainan anak-anak yang menarik dan menghibur. Aplikasi ini menampilkan tuts angka layaknya dialer telepon yang nantinya setiap tombol bisa mengeluarkan suara. Terdapat pula jenis-jenis suara binatang serta lagu.

Bagaimana cara bermainnya? Pertama sahabat bisa mendownloadnya di Mobomarket kemudian install. Lalu buka aplikasinya, maka akan tertampil tuts angka 0 sampai 9 berikut tanda bintang dan pagar serta tanda panggil, play dan ikon nada. Jika sahabat menekan ikon angka maka akan terdengar suara not yang berbeda-beda. Lalu jika menekan ikon bergambar telepon maka dial maka akan muncul beberapa gambar hewan yang apabila diklik salah satu akan terdengan nada panggilan serta suara dari hewan pada gambar yang diklik. Lain halnya jika sahabat klik tombol play, maka akan memainkan lagu asyik serta tuts angka aka nada yang bergoyang, nah tugasnya adalah menekan tuts yang bergoyang tersebut. Tuts yang bergoyang akan berpindah-pindah, hal ini untuk merangsang motorik anak. Terakhir, kalau sahabat klik ikon nada/not maka akan terdengar urutan tangga nada.

                                    

Permainan ini sangat cocok untuk belajar buah hati sahabat. Sederhana namun akan dirasa mengasyikkan serta bermanfaat. Jangan lupa sahabat bisa mendownload aplikasi permainan anak Telepon Bayi atau Phone Baby di Mobomarket, toko aplikasi lokal nomor 1 di Indonesia.

Have a nice day…

5 thoughts on “Latih Motorik Anak Dengan Aplikasi Phone Baby

Comments are closed.