101 Seleb Traveler China Promosikan Pariwisata Indonesia

101 Seleb traveler China diajak Baidu serta Kemenpar untuk menjelajah beberapa daerah di Tanah Air. Nantinya, mereka akan menceritakan kisah perjalanan dan mengajak turis China datang ke Indonesia.


WhatsApp-Image-20160526 (2)

 

Situs pencarian terbesar di China, Baidu, bekerjasama dengan Kemenpar mengadakan Baidu Travel Summit di Bali dan mengundang 101 KOL yang berasal dari Beijing, Shanghai, Guazhou dan Chengdu.

KOL yang datang ini bisa juga disebut seleb traveler, mereka adalah traveler yang cukup terkenal di dunia maya di Tiongkok. Mereka ada yang merupakan penulis, fotografer, serta influencer media sosial yang followers-nya banyak.

Para seleb traveler ini menghadiri Baidu Travel Summit dan kemudian akan melanjutkan perjalanan untuk wisata ke Yogyakarta dan Solo, Banyuwangi, Lombok serta Manado, lalu mereka akan menulis dan membagikan kisah ke turis China, yang diharapkan bisa tertarik datang ke Indonesia.

“KOL atau mereka-mereka yang bisa mempengaruhi opini, atau penulis yang ‘selebriti’ kita ajak ke sini. Mereka dibiayai Baidu, seleksinya sangat ketat. Kami berharap mereka akan menulis tentang Indonesia,” ujar I Gde Pitana, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar, dalam Baidu Travel Summit di Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort, Nusa Dua.

Trip kali ini tidak keliling Bali tapi daerah lainnya agar turis Tiongkok tak hanya kenal Pulau Dewata yang memang sudah populer. Masih banyak daerah lain yang bisa dieksplor keindahannya.

“Kali ini kita tunjukkan pada mereka bahwa Indonesia sangat kaya, destinasi kita banyak. Ini bentuk promosi yang efektif dan efisien,” kata Pitana.

Event Baidu Travel Summit serta trip para seleb traveler ke berbagai daerah di Indonesia ini merupakan salah satu bagian dari kerjasama Kemenpar dengan Baidu yang MoU-nya telah ditandatangani Februari 2016 lalu. Langkah ini sebagai upaya untuk mendatangkan 10 juta wisman asal China berkunjung ke Indonesia tahun 2019.

 

Source: travel.detik.com