BBM Masih Jadi Aplikasi Pesan Nomor 1 di Indonesia

BlackBerry Messenger atau BBM, rupanya masih jadi aplikasi pesan instan/chatting nomor satu di Indonesia. Hal ini didasarkan pada hasil survei Mobile Apps Market Study Indonesia yang dilakukan Baidu Indonesia Research bersama dengan GfK Indonesia pada Desember 2015.

063905500_1457844479-bbm_

Baidu dan GfK Indonesia melakukan survei terhadap lebih dari 2.200 orang pengguna smartphone di Indonesia. Responden yang dipilih berada di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Bogor, Tangerang, Bekasi, Semarang, dan Surabaya. Sementara rentang usia responden adalah 13-52 tahun.

Dari survei tersebut diperoleh informasi bahwa aplikasi BBM berada di posisi nomor satu sebagai aplikasi yang paling banyak diunduh oleh pengguna smartphone di Indonesia. Total, 92 persen responden memiliki aplikasi ini pada ponselnya. Sementara aplikasi pesan seperti WhatsApp dan Line berada di bawahnya.

Responden juga menilai, dibandingkan aplikasi lain seperti media sosial, gim, transportasi dan belanja online, aplikasi pesan atau komunikasi merupakan yang paling penting kehadirannya pada smartphone. Sebanyak 93 persen responden menganggap bahwa kehadiran aplikasi pesan sangat penting untuk berkomunikasi.

Meski menganggap aplikasi merupakan hal yang penting pada smartphone, pengguna di Indonesia cenderung sering meng-uninstall aplikasi yang ada pada ponselnya. Adapun aplikasi yang paling sering di-uninstall adalah aplikasi gim (game). Sedangkan aplikasi komunikasi relatif lebih dipertahankan dibandingkan dengan gim.

BBM-Stickers

 

BBM Dipertahankan

Uniknya, walaupun orang Indonesia sering bergonta ganti aplikasi, BBM merupakan satu aplikasi yang paling sedikit di-uninstall oleh pengguna smartphone di Indonesia.

Berdasarkan data survei yang sama, hanya 5 persen dari seluruh pengguna BBM yang meng-uninstall aplikasi BBM. Sedangkan sisanya tetap bertahan dengan BBM.

Sementara itu, lembaga survei Similiar Web merilis informasi mengenai aplikasi pesan di perangkat Android di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Berdasarkan data April 2016, aplikasi besutan BlackBerry ini ternyata dipasang di 87,5 persen perangkat Android dari total keseluruhan yang ada di Indonesia. Jumlah itu jauh melebihi rata-rata pengguna BBM di negara-negara lain di dunia.

Sebagai perbandingan, pengguna BBM di Amerika Serikat sendiri hanya sekitar 0,42 persen dari keseluruhan pengguna Android. Begitu juga dengan Australia dan Inggris yang hanya terpaut sedikit lebih banyak.

 

Source: tekno.liputan6.com