Aha! Ini Dia Mobil Tanpa Sopir Baru Baidu

Seiring dengan perubahan yang dibuat oleh perusahaan teknologi pada model mobil tanpa sopir yang kini cenderung memiliki desain yang lebih manis, salah satu contohnya adalah Chery eQ yang dimodifikasi oleh Baidu.

www.harianaceh.co.id_2016-08-28_04-41-37-696x522

Mobil tanpa sopir dari Baidu ini memiliki model yang mirip dengan mobil tanpa sopir milik Google, EV. Hanya saja, ia memiliki ruang yang lebih lega. Selain itu, ia juga masih menggunakan platform mobil yang ada untuk membentuk kerangka dasar mobil sebelum ia dipasangi dengan kumpulan sensor untuk fitur otonom.

Menurut TechCrunch, Baidu telah menggunakan 3 model dari BMW untuk armada mobil tanpa sopir miliknya. Mereka telah melakukan tes hingga ke AS sebelum ini. Bersama dengan Ford, perusahaan asal Tiongkok ini juga telah menanamkan investasi di Velodyne, pembuat LiDAR, belum lama ini.

Kedua perusahaan tersebut menanamkan dana sebesar USD150 juta (Rp2 triliun) untuk membantusupplier asal California itu sehingga mereka dapat membuat komponen sensor dengan harga yang lebih terjangkau untuk produksi massal.

Mobil tanpa sopir baru dari Baidu didesain untuk digunakan di Tiongkok. Di negara asalnya, mereka berencana untuk meluncurkan mobil-mobil tanpa sopir di seluruh bagian Tiongok dengan tujuan untuk mengembangkan teknologi pemetaan mereka. Mereka juga akan mengumpulkan data terkait infrastruktur trafik lokal.

Dalam jangka panjang, Baidu berencana untuk menyediakan armada mobil tanpa sopir untuk menjadi opsi transportasi publik. Mereka merencanakan, mobil tanpa sopir ini sudah dapat digunakan oleh masyarakat di tahun 2018 di area tertentu.

 

Source: harianaceh.co.id