3 Aplikasi Smartphone yang Paling Disukai Orang Indonesia

Jutaan aplikasi mobile beredar luas di sejumlah toko aplikasi Google Play Store, Apple App Store, Windows Store, dan toko aplikasi lainnya. Terdapat berbagai kategori aplikasi, mulai dari game, entertainment, tools hingga personalization. Lalu, jenis aplikasi smartphone apa yang paling banyak disukai pengguna di Indonesia?

ilustrasi-penggunaan-internet-menggunakan-smartphone-huffington-post

Melalui riset internal yang dilakukan vendor perangkat mobile lokal, Advan, mereka menyebut bahwa game adalah jenis aplikasi yang paling disukai orang Indonesia.

“Dari 3 aplikasi, posisi pertama yang paling disukai pengguna Indonesia adalah game, lalu yang kedua adalah aplikasi editing foto, dan ketiga adalah media sosial,” kata Tjandra Lianto, Direktur Marketing Advan Mobile.

Menurut Tjandra, game disukai pengguna karena memiliki kedekatan yang lebih dibanding aplikasi lain. Beberapa di antaranya, lanjutnya, gamemelibatkan sentuhan, pergerakan, dan suara.

“Sedangkan editing foto disukai karena dapat membuat penampilan pengguna lebih menarik serta media sosial memungkinkan pengguna melakukan interaksi sosial dan berjejaring,” terang Tjandra.

Sementara itu, Mobomarket menunjukan tiga jenis aplikasi yang menjadi favorit pengguna–paling banyak diunduh adalah game (43,71%), sosial (12,02%), dan tools (8,96%).

Jika diuraikan lagi, jenis game yang paling disukai pengguna adalah casual & puzzle game(29,42%), arcade game (13,16%), dan action game (11,02%).

MoboMarket sendiri merupakan toko aplikasi Android yang dikembangkan oleh Baidu. MoboMarket mulai diperkenalkan di Indonesia pada Februari 2014 sebagai toko aplikasi alternatif bagi para pengguna smartphone Android di Tanah Air.

Source: tekno.liputan6.com