Inilah Lima Aplikasi Mobile dari Keminfo untuk Para Petani Kreatif

Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia, melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika, Pemerintah mengusung misi memberdayakan Ekonomi Rakyat. Salah satu target yang dituju adalah petani. Kali ini, Pemerintah mulai mengintegrasikan dengan pemanfaatan teknologi.

Beberapa waktu lalu, Pemerintah meluncurkan Program Sinergi Aksi. Program ini merujuk pada kesejahteraan petani. Melalui teknologi, petani bisa jadi lebih mudah dalam memantau harga, distribusi dan banyak lagi.

aplikasi-mobile-untuk-menyejahterakan-petani

Menteri Rudiantoro menuturkan ada lima aplikasi mobile untuk memudahkan petani. Aplikasi mobile tersebut dibuat oleh Keminfo yang bekerja sama dengan sejumlah start up.

Aplikasi pertama adalah Petani. Aplikasi ini menyediakan informasi tentang solusi pertanian, pelatihan pertanian, dan referensi tempat penjualan alat-alat pertanian. Selain itu, para petani juga bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk berdiskusi sesama petani di seluruh Indonesia.

Aplikasi kedua adalah Tani Hub (tanihub.com). Dari namanya saja sudah kelihatan apa fungsi yang diusung. Aplikasi ini bakal memudahkan para petani untuk mendistribusikan hasil panen mereka ke konsumen secara langsung. Distribusi ini berlangsung dari daerah petani ke kota.

Aplikasi ketiga adalah LimaKilo (limakilo.id). Dengan aplikasi ini, para petani disuguhkan kemudahan dalam menjual hasil panen mereka kepada konsumen dengan harga bersaing. Tak perlu mendistribusikan ke kota, para petani sudah bisa menjual secara langsung kepada masyarakat.

Aplikasi keempat adalah Pantau Harga (pantauharga.id). Di sini para petani bisa memantau harga-harga bahan baku pertanian, menjual atau membeli bahan baku pertanian, serta sebagai tempat tawar menawar. Tidak hanya itu, terdapat informasi lengkap mengenai basis data harga pertanian.

Aplikasi terakhir adalah Nurbaya Initiatives (nurbaya.com). Bagi petani yang sudah siap menjual hasil panen ke konsumen, dengan aplikasi ini mereka bisa langsung membuat platform penjualan. Selain petani juga dibolehkan para UKM yang berminat menjual barang hasil produksi secara langsung.

Melalui kelima aplikasi tersebut, Pemerintah berharap agar kesejahteraan petani bisa ditingkatkan. Petani bisa jadi lebih mudah dan hemat dalam mendistribusikan hasil panen mereka. (Ifan Andri Prastya/jurnalpost.com)