8 Contoh Pitch Deck Startup yang Bisa Kamu Pelajari

Ketika kamu memiliki sebuah ide besar dan ingin mewujudkannya, apa yang pertama kali harus kamu lakukan? Pertama, kamu dapat membuat prototipe dan melakukan validasi awal kepada pengguna. Ketika prototipe tersebut mendapatkan traksi yang positif, maka kamu akan membutuhkan modal lebih dari investor. Di sini sebuah pitch deck dan presentasi yang bagus di depan investor dapat membuat banyak perbedaan. Lalu, apa sih sebenarnya pitch deck itu?

6-oktober

Pitch deck adalah sebuah presentasi singkat berbentuk slide yang memberikan audiens informasi umum tentang bisnis yang akan atau sedang kamu jalani. Pitch deck biasanya berbentuk rangkuman dari seluruh aspek bisnis kamu untuk mempermudah penyampaiannya — bahkan Steve Jobs dalam presentasinya hanya menggunakan gambar tanpa ada kalimat apapun.

Salah satu bagian tersulitnya adalah kamu akan mempunyai waktu yang sangat terbatas untuk menyampaikan gambaran ide kamu kepada investor. Di saat yang sama kamu juga tetap harus menjaga agar aspek bisnis yang penting tidak terlewat. Tapi pertanyaannya adalah, apakah kamu tahu apa yang investor cari di presentasi pitch deck kamu?

Industri startup telah memiliki standar tersendiri yang menjadi acuan para investor untuk melihat, manakah deck yang baik dan mana yang tidak. Tentu saja kamu dapat membuatpitch deck kamu sendiri dari ide yang bermunculan di kepala kamu, tapi seperti orang bijak katakan “Belajar dari kesalahan dan keberhasilan orang lain”.

Kali ini, John Patrick Manuwu dari Tech in Asia Indonesia telah mengumpulkan beberapa contoh pitch deck startupyang bisa kamu gunakan sebagai acuan. Daftar ini disusun dengan mengambil contoh startup yang sudah menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia sampai kepada startup yang baru agar tetap relevan.

Kamu bisa melihat contoh pitch deck dalam format slide via SlideShare di id.techinasia.com

 

Source: id.techinasia.com