#BaiduCampusAmbassador – Task #6 #GameLegendaIndonesia

Tugas: #GameLegendaIndonesia

Deadline: Kamis, 16 Maret 2017

Point: 50 points

mobomarket.co.id

 

 

 

Kamu pasti pernah membaca atau diceritakan berbagai cerita rakyat asli Indonesia bukan? Nah, seiring berkembangnya teknologi, ternyata cerita rakyat juga menjadi inspirasi para pekerja kreatif untuk dikembangkan.

Salah satu ide kreatifnya adalah mengembangkan cerita rakyat menjadi game interaktif. Bahkan, beberapa game cerita rakyat ini bisa kamu mainkan langsung lewat smartphone kamu.

Penasaran? Berikut beberapa cerita rakyat yang dikembangkan menjadi game interaktif.

1. Bawang Putih & Merah

id.techinasia.com

id.techinasia.com

 

 

 

 

 

2. Legenda Candi Prambanan

id.techinasia.com

id.techinasia.com

 

 

 

 

 

3. Timun Mas

educastudio.com

educastudio.com

 

 

 

 

 

4. Cindelaras

educastudio.com

educastudio.com

 

 

 

 

 

5. Legenda Danau Toba

educastudio.com

educastudio.com

 

 

 

 

 

6. Lutung Kasarung dan Purbasari

imgsdown.1mobile.com

imgsdown.1mobile.com

 

 

 

 

 

Source: tandapagar.com

Ngomongin games, sebenernya banyak banget tipenya. Kalau kamu gamer, minimal kamu pasti familiar dengan jenis-jenis ini:

1. FPS (First Person Shooter) – contoh: Counter Strike, Call of Duty

2. TPS (Third Person Shooter) – contoh: Resident Evil, GTA action criminal

3. Platform Game – contoh: Mario Bros, Sonic

4. Indie Game – contoh: Path of Exile, Bastion

5. Simulation – contoh: The Sims, SimCity

6. Strategy – contoh: Football Manager, Warcraft

7. Puzzle Game – contoh: Tetris, Angry Birds

8. RPG (Role Playing Game) – contoh: Final Fantasy, Kingdom Hearts

Nah, Ambassadors, misalkan kamu lagi ngembangin sebuah aplikasi game berbasis Android dengan tema “Legenda Indonesia” di kategori game RPG, kira-kira legenda/cerita rakyat/karakter apa yang akan kamu angkat, mengapa memilih itu dan secara garis besar, akan seperti apa sih game nya?

Tulis nama lengkap dan jawaban kamu di kolom Reply di bawah ini dan share link nya di Twitter/Instagram dengan mention (jangan lupa follow!) @sahabatbaidu dan #GameLegendaIndonesia ya!

 

 

39 thoughts on “#BaiduCampusAmbassador – Task #6 #GameLegendaIndonesia

  1. Achmad Sudarmanto

    @sahabatbaidu
    Kalo disuruh ngembangin game, saya akan mengangkat karakter Sakera karena tokoh sakera merupakan ikon asli dari pulau Madura. Untuk gambaran secara garis besar, dalam game tersebut akan ditampilkan ikon ikon yang ada pada tiap kabupaten di Madura
    #GameLegendaIndonesia

    1. Rico Arisandy Wijaya

      Suka Game yang Gimana?
      Sesuai dengan jenis ceritanya sih. Cerita Indonesia cocok dijadikan RPG aja dengan Event dan bertarung melindungi atau lari dari kejaran sesuatu. Pasti seru dan terkenang karena RPG mengharuskan pemain mengetahui alur cerita untuk menamatkan lebih mudah.

    2. Rico Arisandy Wijaya

      Suka Game yang Gimana?
      Sesuai dengan jenis ceritanya sih. Cerita Indonesia cocok dijadikan RPG aja dengan Event dan bertarung melindungi atau lari dari kejaran sesuatu. Pasti seru dan terkenang karena RPG mengharuskan pemain mengetahui alur cerita untuk menamatkan lebih mudah.
      Kenapa RPG?
      Saya penggemar berat Final Fantasy hehehe. Saya hampir ingat semua alur cerita final fantasy. Meskipun saya cheater sih wkwkw.

      Aku juga mau terima kasih buat educa studio yang bikin aplikasi

      “Belajar mengaji”
      “Belajar membaca”

      Game tersebut membuat adik saya (5th) jadi makin rajin belajar.

  2. Eric Asprilla Santo

    Kalau disuruh memilih kisah legenda untuk dikembangkan menjadi game, saya akan memilih Angling Darma, dan jenis game sendiri akan menjadi Rpg game karena dari kisah tersebut banyak sekali jalan cerita dan klimkas” film itu sendiri bisa di jadikan menjadi serangkaian stage RPG beserta dengan Boss stagenya. Sekaligus kita dapat bernostalgia sehingga cerita budaya nenek luhur sendiri tidak luntur. Selain itu mengembangkan cerita legenda kedalam sebuah game dapat menjadi sarana pengenalan budaya leluhur ke pada generasi mudah yg belum sempat menikmati betapa indahnya cerita legenda negara kita 😀

  3. Dewi Ramonawati

    @Sahabatbaidu
    Kalau disuruh mengangkat cerita rakyat yang legendaris untuk mengembangkan games yang terpikir oleh saya pribadi adalah tokoh “Nyi roro kidul” yang hingga saat ini masih terbenak mistis pantai selatannya..heheh.secara garis besarnya untuk meracik sebuah game survival horror kita bisa berperan sebagai org yang diburu oleh ratu pantai Selatan. Dari situlah kita berusaha mencari tahu atas apa yg terjadi dari kisah nyi roro kidul tersebut.

  4. Fajar Nur Muhammad

    @sahabatbaidu #GameLegendaIndonesia yg akan saya angkat ceritanya adalah GATOT KACA . yah sebagai keturunan jawa baiknya lestarikan budaya jawa . dan kearifan lokal yg sangat kuat.

  5. Regita Aldena

    #GameLegendaIndonesia
    Wah berbicara games tentunya banyak pilihan, dan banyak juga yang hanya berupa games tanpa edukasi. Saya ingin mengembangkan games yang juga berbasis edukasi legenda Indonesia, contohnya mengangkat legenda tanah sunda berjudul SITU BAGENDIT. Legenda tersebut bercerita ttg keserakahan seorang wanita, kikir , congak dan tidak mau membantu sesama. Dalam hal ini dapat diambil pembelajaran bahwa harus menjadi manusia yg baik, dan jangan serakah pada harta yg dimiliki.
    Games RPG ini dapat dikembangkan, ketika para user bertindak menjadi Nyai bagendit, dengan harta yg banyak akan kah mau menolong sesama dengan membagikan harta, namun ada konsekuensi saat membagikan harta maka harta yg dimiliki akan berkurang. Maka hal ini akan cocok menjadi games edutainment yg penuh dengan strategi yg tentunya mengasah otak para user untuk cerdik.

  6. Tammy Akbar

    #gamelegendaindonesia
    Wah kalau ngomongin tentang legenda indonesia sih langsung kepikiran tentang pandawa lima. Ya berhubung karena beberapa dari nama pandawa lima dijadikan nama penerbit buku.
    Legenda tersebut menceritakan tentang perselisihan kekuasaan antar saudara.
    Dalam game yang bergenre mmorpg ini nantinya kita akan disuruh membuat karakter dan memilih salah satu dari pandawa lima untuk dijadikan tetua. Kita akan menjalankan quest di dalam game dan menaikan level karakter kita. Serta berperang dalam perang lima kubu saudara tersebut. Didalam game nantinya akan terdapat 4 job utama untuk karakter. Yaitu ksatria, pemanah, dukun, dan petarung.
    Disetiap kubu memiliki alur questnya masing masing. Sehingga membuat player tergiur utk memainkannya.
    Game ini sangatlah cocok untuk pasar mobile indonesia dikarenakan hampir seluruh gamers indonesia memainkan mobile MMORPG.

  7. Wrida Adi Wardana

    Salah satu cerita yang keren buat dijadikan #GameLegendaIndonesia, menurut saya adalah TIMUN MAS. Dimana story nya mengenai seorang wanita yg dikejar oleh raksasa karena dianggap tidak menepati janji setelah dewasa. Game play yg diusung adalah survival. Jadi si timun mas harus bertahan hidup dan berusaha memusnahkan raksasa jahat tersebut dengan menggunakan beberapa item seperti garam, lada, dll seperti pada cerita Timun Mas.

  8. Altifani Rizky Hayyu

    Menurutku Malin Kundang krn game tersebut pasti bermanfaat dan membawa hikmah untuk tidak durhaka kepada orang tua. Saya ada keturunan sumatera barat, sehingga saya merasa cerita rakyat ini harus dilestarikan. Menurutku game berbasis RPG khususnya turn based sangat cocok utk diterapkan dalam Malin Kundang. Gambaran besar gamenya ialah perjuangan bagaimana Malin merantau dan meraih kesuksesan. Didalam game tersebut kita harus berusaha agar Malin Kundang sukses saat merantau dan mencegah ia mendurhakai orang tuanya

  9. Hari Yanto

    Pengen mengangkat cerita Legenda “Sangkuriang / Tangkuban perahu”.. mungkin cerita ini udh sangat familiar bgi kita… dmn diceritakan seorang ibu (dayang sumbi), anak (sangkuriang) dan anjing ( ayahnya sendiri). Seorang anak yg ingin menikahi ibunya sendiri yg awet muda sehingga dia tidak tahu bahwa itu ibunya sendiri dan ibunya pun tdk tahu bahwa itu sangkuriang anaknya, karena telah tumbuh besar dan gagah berani.. .. ingin membawa ke game adventure, karena dari ceritanya. Sangat cocok sekali jika dibawa ke adventure.. pasti seru banget

  10. Sharah Febria Ramadhan

    Cerita rakyat yang akan aku ambil adalah “Candi Prambanan”. Alasan aku mengambil Candi Prambanan dikarenakan agar memberitahukan kepada pengguna aplikasi game untuk mengetahui sejarah terbuatnya Candi Prambanan yang berada di Jogjakarta. Agar para pemain games mengingat terbuatnya Candi Prambanan.

    #GameLegendaIndonesia

  11. Festy Fildia Siswanto

    Berdasarkan teknik game RPG, saya lebih memilih cerita rakyat tangkuban perahu dan hanya fokus pada tokoh sangkuriang. Jika ingin dikembangkan dalam bentuk game, lebih bagus dibuat game jenis RPG action. Saya lebih memilih action karena karakter sangkuriang sangat kuat dalam usaha pembuatan perahu dan membendung aliran sungai. Jadi game ini bisa dibuat action dengan membangun perahu dan aliran sungai. Untuk membangun keduanya, aktor harus melewati beberapa binatang yang harus ditaklukan agar bisa bebas membuat perahu dan aliran sungai. Dengan adanya cerita rakyat yang dikombinasikan dengan hewan, maka game ini dijamin dapat memberi wawasan baru tentang dunia hewan dan cerita dongeng bagi rakyat indonesia terutama anak dibawah umur.

  12. Festy Fildia Siswanto

    Berdasarkan teknik game RPG, saya lebih memilih cerita rakyat tangkuban perahu dan hanya fokus pada tokoh sangkuriang. Jika ingin dikembangkan dalam bentuk game, lebih bagus dibuat game jenis RPG action. Saya lebih memilih action karena karakter sangkuriang sangat kuat dalam usaha pembuatan perahu dan membendung aliran sungai. Jadi game ini bisa dibuat action dengan membangun perahu dan aliran sungai. Untuk membangun keduanya, aktor harus melewati beberapa binatang yang harus ditaklukan agar bisa bebas membuat perahu dan aliran sungai. Dengan adanya cerita rakyat yang dikombinasikan dengan hewan, maka game ini dijamin dapat memberi wawasan baru tentang dunia hewan dan cerita dongeng bagi rakyat indonesia terutama anak dibawah umur.

    #GameLegendaIndonesia

  13. Akbarii Fadhli Muin Syahrial

    Tugas kali ini membahas #GameLegendaIndonesia yang bertype RPG, dan harus mengangkat legenda” yang ada di Indonesia, seru nih… ^^
    kalau saya lebih memilih jalan cerita dari kisah Perwayangan Mahabrata, kisah dari pertempuran antara Pandawa Lima dengan Kurawa yang masih mempunyai hubungan saudara, karena Pandawa Lima memperjuangkan hak tahtanya atas Kerajaan Hastinapura yang di kuasai oleh para Kurawa ( Prabu Suyudhana dengan saudara-saudaranya yang berjumlah seratus ).
    dari cerita ini kita bisa masukan 1 tokoh untuk para user gunakan yang bertugas membantu para pandawa lima dengan cara menyelesaikan quest” yang di berikan oleh NPC.
    Terlebih game ini tidak hanya bisa digunakan untukgame offline bahkan online pun bisa digunakan.
    pembuatan qust pun bisa kita sesuai kan dengan alurcerita yang ada seperti ketika para pandawa mencoba merebut tahta mereka yang sudah diambil alih oleh para kurawa, di pertempuran itu tokoh user digunakan untuk membantu para pandawa, dan masih banyak lagi pengembangan game tersebut mengikuti alur sejarah yang

  14. Jessica Nathania G

    Game yang akan saya pilih adalah Timun Mas.. Alasannya karena cerita ini mengajarkan kita bahwa setiap masalah pasti ada jalan keluarnya jika kita mau terus berusaha dan mencoba.. Di dalam game ini, Timun Mas akan pergi ke beberapa lokasi dan bertemu dengan beberapa tokoh yang akan membantu Timun Mas untuk menyelesaikan misi di masing” lokasi.. Tokoh” ini masing” memiliki karakter dan kelebihan yang berbeda”.. Timun Mas akan mendapatkan senjata/amunisi jika berhasil menyelesaikan misi di tiapa lokasi yang bisa digunakan untuk melawan raksasa..
    #GameLegendaIndonesia

  15. Qonita Rizka Marli

    Jika saya sedang dalam perencanaan membuat game bertemakan cerita rakyat, maka saya akan mengangkat cerita si pitung dari Betawi
    Karena berdasarkan kisah yang beredar tentang pitung, menggambarkan pitung adalah salah satu sosok jagoan dari betawi yang berani terhadap para kompeni kala ity dan peduli akan orang-orang sekitarnya.

    Konsep games yang akan saya buat merujuk kepada seorang pemain utama sebagai pitung, dan membasmi para musuh dan penuh pengorbanan kepada orang sekitarnya dengan mengumpulkan poin-poin yang dapat menambah energi si Pitung.

    @Sahabatbaidu #GameLegendaIndonesia

  16. sukris susanti

    @sahabatbaidu
    Jika saya ingin membuat game dengan tema cerita rakyat sepertinya cerita “Legenda ular kepala tujuh” dari bengkulu layak dijadikan game. Tantangannya adalah gajah merik melakukan petualangan, putra bungsu Raja Bikau Bermano mengalahkan Ular Kepala Tujuh penunggu Danau Tes. Ular tersebut dipercayai oleh masyarakat Lebong sebagai penunggu Danau Tes. Sarangnya berada di Teluk Lem sampai di bawah Pondok Lucuk. Oleh karenanya, jika penduduk melintas di atas danau Tes menggunakan perahu, mereka tidak berani berkata sembrono.
    #GameLegendaIndonesia

  17. sukris susanti

    @sahabatbaidu
    Jika saya ingin membuat game dengan tema cerita rakyat sepertinya cerita “Legenda ular kepala tujuh” dari bengkulu layak dijadikan game. Tantangannya adalah gajah merik melakukan petualangan, putra bungsu Raja Bikau Bermano mengalahkan Ular Kepala Tujuh penunggu Danau Tes. Ular tersebut dipercayai oleh masyarakat Lebong sebagai penunggu Danau Tes. Sarangnya berada di Teluk Lem sampai di bawah Pondok Lucuk. Oleh karenanya, jika penduduk melintas di atas danau Tes menggunakan perahu, mereka tidak berani berkata sembrono.
    #GameLegendaIndonesia

  18. Rachmad Syarul Hidayat

    @sahabatbaidu
    Wah keren banget nih tasknya.
    Kalo menurutku cerita legendaris yang cocok dibuat game sih “Legenda kerajaan di nusantara” jadi basis mainnya itu kayak game forge of empires atau age of empires yakni game yang bertipe strategi dan rpg. Jadi dari game tersebut bisa jadi show up buat indonesia kalau dulunya ada banyak sekali kerajaan yang membangun indonesia dari berbagai perbedaan yang ada.

  19. Nurhayati Fitrianj

    @sahabatbaidu
    Jika membuat sebuah game dengan tema cerita rakyat indonesia.
    Menurut saya “keong mas” pas banget tuh dibuat game.
    alasannya : karena Disitu ada karakter yang cocok dalam game bisa tuh kita ngambil karakter keongnya. Nah bagian enemy nya kita bisa ngadopsi si Penyhir.
    Game keong mas jg bisa jd bahan education untuk para gamer mengexplore budaya indonesia.
    #GameLegendaIndonesia

  20. Roudhotul Jannah

    @sahabatbaidu Untuk game RPG cerita rakyat Cindelaras menurut saya bagus untuk dibuat game nya. Akan ada petualangan seru Cindelaras untuk mencari ayahnya. Jadi seru banget kalo dijadiin game. Satu lagi menurut saya yang bagus buat dijadiin game yaitu Pandawa vs Kurawa. Cerita wayang ini sangat menarik untuk dijadikan game. #GameLegendaIndonesia

  21. Wahyu Kurniawan Arbi

    @sahabat baidu
    Saya memilih pandawa karena setiap tokoh memiliki karakter dan kemampuan yang berbeda beda.
    Pandawa adalah kata yang berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “Anak Pandu”. Mereka adalah lima bersaudara yang muncul dalam kisah epik Mahabharata sebagai tokoh protagonis utama Mereka adalah anak-anak Raja Pandu Dewanata dari Hastinapura. Setiap tokoh Pandawa merupakan titisan dari dewa-dewa tertentu yang memiliki skill tertentu juga.
    1. Yudhisthira memiliki nama asli puntadewa. Yudistira memiliki senjata berupa tombak dan pusaka seperti jurus kalimasada, Tunggulnaga, Robyong Mustikakawarih. Yudistira memiliki kemampuan spesial yaitu Transformasi, Penjinak Binatang, Master Strategi
    2. Bima memiliki senjata berupa gada rujakpala dan pusaka Kuku Pancakenaka, Alugara, Bargawa dan Bargawasta. Bima memiliki kemampuan spesial yaitu Invincible Muscle, Master of Mace.
    2. Bima memiliki senjata berupa gada rujakpala dan pusaka Kuku Pancakenaka, Alugara, Bargawa dan Bargawasta. Bima memiliki kemampuan spesial yaitu Invincible Muscle, Master of Mace.
    3. Arjuna memliki senjata berupa Panah Pasopati dan Gendiwa serta pusaka Pasupati, Gendiwa. Arjuna memiliki kemampuan spesial Eagle Eye, Ultimate Pray.
    4. Nakula sadewa memiliki senjata pedang dan pusaka maniktira. nakula sadewa memiliki kemampuan Swordmaster, Animals Tamer, High-Diviner.
    #GameLegendaIndonesia

  22. Hilman Khairul Abadi

    @sahabatbaidu jika suruh memilih saya akan memilih legenda candi prambanan alasannya karna prambanan merupakan salah satu peninggalan yang dijadikan obyek wisata di indonesia yang dikenal didunia.. jdi alangkah lucunya jika kita WNI tidak tau asal usul dari prambanan tersebut.. melihat dari banyaknya pengguna android sekarang termasuk anak2.. saya rasa cocok game ini menjadi media edukasi bagi anak2 maupun orang dewasa.. secara garis besar saya berpikiran bahwa game ini prrtama akan menceritakan sedikit tentang cerita awalnya entah berupa video atau cerita bergambar… selanjutnya gamenya dimulai pada saat pembuatan 1000candi.. di setiap pembuatan candi disitu pemain dihadapkan dengan pertanyaan atau tantangan.. jika berhasil maka lanjut ke pembuatan candi selanjutnya dan seterusnya… kesulitan terus meningkat sesuai tingginya level.. dan pada candi terakhir. Agar sesuai dengan cerita asli kurang 1 candi yang terbentuk maka.. buat pertanyaan atau tantangan sesulit mungkin klu bisa g da yang berhasil dengan hanya satu kali kesempatan.. jika gagal lanjut teruskan ending cerita dari candi prambanan sendiri. END

  23. Hilman Khairul Abadi

    @sahabatbaidu jika suruh memilih saya akan memilih legenda candi prambanan alasannya karna prambanan merupakan salah satu peninggalan yang dijadikan obyek wisata di indonesia yang dikenal didunia.. jdi alangkah lucunya jika kita WNI tidak tau asal usul dari prambanan tersebut.. melihat dari banyaknya pengguna android sekarang termasuk anak2.. saya rasa cocok game ini menjadi media edukasi bagi anak2 maupun orang dewasa.. secara garis besar saya berpikiran bahwa game ini prrtama akan menceritakan sedikit tentang cerita awalnya entah berupa video atau cerita bergambar… selanjutnya gamenya dimulai pada saat pembuatan 1000candi.. di setiap pembuatan candi disitu pemain dihadapkan dengan pertanyaan atau tantangan.. jika berhasil maka lanjut ke pembuatan candi selanjutnya dan seterusnya… kesulitan terus meningkat sesuai tingginya level.. dan pada candi terakhir. Agar sesuai dengan cerita asli kurang 1 candi yang terbentuk maka.. buat pertanyaan atau tantangan sesulit mungkin klu bisa g da yang berhasil dengan hanya satu kali kesempatan.. jika gagal lanjut teruskan ending cerita dari candi prambanan sendiri. END
    #GameLegendaIndonesia

  24. Rico Fajar Afandi

    @sahabatbaidu
    Kalo bicara tentang game RPG saya lebih tertarik mengangkat kisah legenda “Sang Mahapatih Gajah Mada”. Kenapa? Karena legenda tersebut sendiri memiliki sejarah yang cukup besar bagi Nusantara salah satunya bisa menyatukan Nusantara hingga ke Thailand yg notabene negeri yg tidak terjajah oleh bangsa barat. Untuk game nya nanti bisa di bikin alur pendirian kerajaan hingga penaklukan masing-masing wilayah dinusantara
    #GameLegendaIndonesia

  25. Hardini Nike Nur Laily

    @sahabatbaidu

    Jika saya disuruh untuk develop suatu game yang bertemakan dengan legenda indonesia, saya ingin develop game dengan judul “Sangkuriang”. Kenapa? karena sangkuriang legenda mengenai pembuatan kapal. Konsep game ini adalah pembuatan kapal dengan waktu yang ditentukan. Semakin rumit kapal yang dibuat dan semakin cepat kapal yang diselesaikan. Sangkuriang akan mendapat poin lebih.
    #GameLegendaIndonesia

  26. nur Intan

    Jika di suruh membuat game, Saya akan membuat game legenda indonesia mengangkat tema Si Jampang, yang menggambarkan sosok seorang pendekar sakti, gagah dan perkasa yang jago silat. Jampang terkenal sebagai perampok harta kompeni dan hasilnya akan diberikan kepada rakyat miskin

    Komsep games yang akan saya buat, layaknya terdapat satu tokoh yaitu Jampang yang berani melawan kompeni sebagai musuhnya demi keadilan rakyat sekitarnya.

  27. fitri nilam sari

    #gamelegendaindonesia

    Saya akan memilih cerita rakyat Sangkuriang karena sangkuriang cocok dijadikan game RPG karena ada perjuangan untuk mendapatkan cintanya yang sebenarnya adalah ibu kandungnya. Saya memilih cerita ini karena saya sangat suka dengan kisah ini karena unik dan cerita rakyat nusantara harus kita lestarikan.

  28. fitri nilam sari

    #gamelegendaindonesia

    Saya akan memilih cerita rakyat lutung kasarung karena cocok dijadikan game RPG karena ada perjuangan untuk mendapatkan cintanya yaitu purbasari. Saya memilih cerita ini karena saya sangat suka dengan kisah ini karena unik yaitu perjuangan seekor lutung yang bisa dijadikan rpg dan cerita rakyat nusantara harus kita lestarikan.

  29. fitri nilam sari

    #gamelegendaindonesia

    Saya akan memilih cerita rakyat arya menak dari madura karena cocok dijadikan game RPG karena kegemaran arya menak yang suka berpetualang di hutan membuat cerita ini cocok untuk dijadikan game. Saya memilih cerita ini karena saya sangat suka dengan kisah ini karena unik yaitu seorang pemuda yang mengembara dihutan dan menemukan bidadari dan menikah.cerita rakyat nusantara harus kita lestarikan.

  30. Thuhri Mutya Amalia

    untuk game RPG menurut saya cerita si kancil cocok deh kalo dibuat game. jadi bisa tentang petualangan si kancil yang cerdik dan licik ketika menghadapi teman-temannya untuk mendapatkan apa yang dia inginkan. karakternya akan lebih menarik jika tentang binatang. jadi bisa dibikin karakter yang agak lucu dan menarik perhatian anak kecil untuk memainkan game nya 😀
    #GameLegendaIndonesia

  31. Umul Sidikoh

    Game dengan mengangkat Tema “Cerita Rakyat” merupakan sesuatu yang unik. Untuk itu jika saya ingin membuat game, maka ingin mengangkat cerita “Si Malin Kundang”. Kenapa itu? Karena nanti ada sisi budaya, tapi tal lupa juga sisi edukasi pada game tersebut, yaitu dimana kita harus patuh dan bersikap lemah-lembut dengan orangtua.

    #GamelegendaIndonesia
    @sahabatbaidu

  32. Bella Budi Lestari

    Saya akan mengangkat cerita legenda “La Golo” untuk dijadikan Game RPG, La Golo merupakan cerita legenda yang berasal dari Dompu, salah satu kabupaten di Pulau Sumbawa, NTB. Adapun alasan saya memilih legenda tersebut adalah karena jalan ceritanya yang menarik dan cocok untuk dijadikan Game dengan jenis RPG, selain itu, banyak masyarakat Indonesia yang belum mengenal Cerita Legenda La Golo, Sehingga menjadi daya tarik sendiri apabila La Golo dikemas dalam bentuk Game RPG yang di dalamnya terdapat jalan cerita berbentuk motion comic yang mengisahkan La Golo dan goals yang harus dicapai pada game tersebut. Selain terhibur, pemain juga dapat menambah wawasannya tentang legenda Indonesia dan juga mendapatkan pesan moral yang terkandung dalam cerita dan game RPG La Golo. Tokoh-tokoh yang ada pada La Golo pun akan sangat menarik jika divisualisasikan dan akan memberikan warna baru pada industri animasi dan gaming di Indonesia karena cerita legenda La Golo yang belum banyak diketahui masyarakat.

  33. Siti Kulsum Suryana Putri

    Untuk kategori game RPG saya akan mengangkat cerita rakyat “Si Kabayan”. saya memilih cerita rakyat “Si Kabayan” karena secara garis besar cerita tersebut memiliki alur yang panjang dimana Kabayan yang ingin menikahi Nyi Iteung harus menghadapi Abah Nyi Iteung yang tidak menyetujui pernikahan Kabayan dan Nyi Iteung. Untuk mendapatkan persetujuan pernikahan tersebut Abah Nyi Iteung memberikan banyak tantangan kepada Kabayan.
    Gambaran umum game RPG ini terdapat 3 tokoh utama yaitu Kabayan, Nyi Iteung dan Abah. Dimana tokoh Kabayan harus memecahkan dan menyelesaikan setiap misi yang diberikan oleh Abah untuk mendapatkan Nyi Iteung. Pada setiap misi yang diberikan tokoh Kabayan yang pemalas harus bertindak cerdik. Cerdik disini harus berasumsi bagaimana kita menyelesaikan misi sebagai seorang pemalas. Karena seorang pemalas pasti akan mencari cara untuk melakukan sesuatu yang sulit menjadi mudah karena ia begitu malas untuk melakukan hal yang sulit. Seperti karakter Kabayan yang memiliki banyak akal namun akalnya itu digunakan untuk mendukung kemalasannya. Jadi user di ajak berpikir mudah untuk memecahkan dan menjalankan misi dari Abah. Jika dikembangkan Game ini bisa mengasah kemampuan berpikir untuk berlatih berpikir mudah karena manusia cenderung berpikir hal-hal sulit untuk memecahkan suatu masalah tanpa menyadari hal mudah ada didekat mereka.

    @sahabatbaidu #GameLegendaIndonesia

  34. bella chintya neyfa

    @sahabatbaidu #GameLegendaIndonesia jika saya diberikan kesempatan mengembangan maupun membuat Game RPG bertemakan legenda Indonesia atau cerita rakyat, saya memilih membuat Game bertemakan pewayangan Pandawa Lima. Dalam Game Pandawa Lima ini nanti akan bergantian untuk bertarung dalam mempertahankan kerajaan, dengan item-item yang akan di set secara legendaris serta informasi item dan maps lokasi yang informatif sesuai dengan cerita pewayangan. Sistem pertarungan ini seperti memainkan permainan tradisional ‘main benteng’ dimana masing-masing tim akan mempertahankan benteng mereka dan dalam Game Pandawa Lima, maka tim pandawa dan kurawa akan mempertahankan kerajaan yang ada. Sistem permainan ini pun akan ada dalam beberapa misi yang dibuat secara tradisional namun dengan interface yang tetap elegan. Permainan ini dapat mengasah dalam penyusunan strategi dan kerjasama tim, karena tidak boleh ada player yang lengah satupun. Selain itu pemain akan merasakan nuansa pewayangan dan legenda yang sangat historikal sehingga pemain akan mengetahui pemahaman pewayangan secara luas.

  35. Moh Irsyad Syafi'ul Munif

    @sahabatbaidu #GameLegendaIndonesia berdasarkan jenis game RPG saya akan memilih kisah dari legenda Angling Dharma, karena story line dari kisah angling dharma jika dijadikan game. Karena gameline yang akan dibuat bisa panjang dan bervariasi. Selain mengembangkan cerita legenda kedalam sebuah game, dapat juga menjadi sarana pengenalan budaya leluhur ke pada generasi mudah yang belum mengetahui.

  36. Aria Pratama

    misalkan kamu lagi ngembangin sebuah aplikasi game berbasis Android dengan tema “Legenda Indonesia” di kategori game RPG, kira-kira legenda/cerita rakyat/karakter apa yang akan kamu angkat, mengapa memilih itu dan secara garis besar, akan seperti apa sih game nya?
    Jika saya mengembangkan sebuah aplikasi game dimana saya harus mengangkat sebuah legenda diantara semua legenda tersebut saya akan memilih legenda “Timun Mas”. Kenapa? Karena dari game tersebut akan ada adegan actionnya dimana Timun Mas harus menyelamatkan diri akibat dikejar-kejar oleh Raksasa yang ingin segera menangkap dan memakannya. Setting adegannya saya buat di desa yang indah dan tentram. Iringan musik dalam permainan sebaiknya yang berulang-ulang dan mengandung unsure budaya seperti sebagai contoh alunan musik jawa pada umumnya yang menggunakan gamelan. Musiknya juga harus berbeda-beda antara musik di awalan tampilan game atau splash screen/home dengan musik saat memainkan gamenya. Juga diberikan sound effect pada suasan-sauasana tertentu.
    Bila digambarkan susunan game secara garis besar:
    1. Mula-mula ada seorang wanita yang sudah tua yang memiliki rumah berupa gubuk kecil dan tinggal dalam sebuah desa yang ngin memiliki seorang anak untuk membahagiakan dan menolongnya bekerja, namun hal tersebut tidak kunjung datang hingga wanita tua itu selalu berdoa dan suatu hari datanglah seorang raksasa yang mendengar permintaan dari wanita tua tersebut.
    2. Dihari kemudian, wanita tua tersebut tanpa sengaja bertemu dengan raksasa yang ingin menolongnya agar dapat dikarunia seorang anak sehingga wanita tua itu pun membuat sebuah perjanjian dengan raksasa dimana jika anak yang diberikan oleh raksasa kepada wanita tua itu sudah besar maka ia akan memberikannya kepada raksasa tersebut. Raksasa itu pun memberikan sebuah benih timun mas dan berpesan kepada wanita tua itu agar segera ditanam. Disinilah awal game bermula.
    3. Pertama kita memainkan game berupa figure wanita tua tersebut dimana kita melakukan kegiatan meladang dan juga menanam benih timun mas tersebut. Ingat! Sejak game dimulai akan selalu ada raksasa yang melewati dan mengawasi perkebunan milik wanita tua itu di waktu-waktu tertentu.
    4. Selanjutnya kita menunggu agar benih tersebut tumbuh sambil melakukan kegiatan lainnya seperti mengambil kayu bakar, meladang, menjual hasil panen, menolong orang, dsb layaknya game harvest moon. Dengan kata lain wanita tua tersebut harus menyelesaikan semua misi sampai timun mas lahir dan mendapatkan upah dari menyelasaikan misi itu adalah mendapatkan poin.
    5. Dengan poin tersebut wanita tua itu bisa menukar atau membeli 3 benih ajaib dengan harga atau jumlah poin yang ditentukan untuk melawan raksasa kelak ketika raksasa akan mengambil timun mas. Dan macam-macam alat penolong maupun alat kebutuhan lainnya seperti alat untuk berkebun atau aneka macam pupuk dan kebutuhan untuk wanita maupun timun ma situ lainnya.
    6. Suatu hari timun mas lahir dan wanita itu langsung mendengar tangisan timun mas. Dengan rasa bahagia akibat doanya yang terkabul wanita itu pun segera membawa masuk timun mas kecil kedalam rumah dan segera mungkin membuat timun mas untuk tidak menangis agar tidak terdengar oleh sang raksasa.
    7. Permainan masih berjalan terus dengan melakukan misi yang tidak ada habisnya sampai timun mas kian beranjak remaja. Di game ini saya berfikir bahwa kita bisa memainkan beberapa figure dengan cara mengklik salah satu figure tersebut secara bergantian antara timun mas atau wanita tua tersebut. Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya game ini seperti game harvest moon.
    8. Seperti yang sudah diketahui diawal permainan, akan ada raksasa yang datang melintasi area perkebunan untuk mencari seorang anak untuk dimakan dan disini kita harus selalu menjaga timun mas agar tidak dimakan oleh raksasa.
    9. Sampai suatu hari timun mas bertemu dengan raksasa tersebut dan tidak mengetahui bahwa dahulu wanita tua yang sudah dianggap sebagai ibunya dari kecil telah membuat perjanjian dengan sang raksasa. Kemudian TimunMas segera berlari ke rumahnya dan menceritakan hal itu kepada ibunya.
    10. Disini kita harus siaga karena Timun Mas telah terlihat dan dikejar-kejar oleh raksasa. Kita gunakan aneka macam perlindungan dengan perlindungan utama berupa benih ajaib agar dapat menghindar dari raksasa.
    11. Apabila kita kalah, maka kita kembali mengulang game seperti susunan diawal dan apabila kita menang maka game akan tamat. Gamenya akan dibuat dengan memiliki waktu yang lama dalam menyelesaikannya hingga tamat agar selalu dimainkan oleh user dan bisa di pause&play. Perjalanan game ini juga akan lebih menarik jika ditambahkan figure pembantu lainnya berupa penduduk-penduduk desa yang ingin meminta pertolongan Timun Mas maupun ibunya. Namun kita tetap hanya akan bisa memainkan Timun Mas maupun ibunya.

    Saya percaya jika game ini dikembangkan dengan baik maka akan sangat interaktif dan menarik dan tak kalah dari game-game saat ini. Ditambah lagi dengan pengaturaan agar game ini tak hanya bisa dimainkan secara offline tapi juga bisa koneksikan ke internet maupun jejaring social seperti facebook, twitter, maupun akun pribadi user lainnya. Namun game ini juga harus memiliki interface yang menarik dengan grafik 3D maupun 4D agar terkesan lebih hidup. Bisa juga tambahan agar game ini dibuat berbentuk Virtual Reality. Demikian bayangan saya dan dari kesemua itu pula harus ada bahan atau masukkan lainnya agar game ini dapat menjadi game terbaik.

  37. Nadya Nur Arifah

    Karena banyaknya game RPG yang hampir sudah menceritanya banyak cerita legenda secara masing-masing. Yang terbesat di pikiran saya adalah menyatukan semua legenda dari cerita rakyat tersebut menjadi satu unity. Jadi karakter yang saya buat digunakan oleh masing-masing cerita yang sudah dijelaskan kisahnya. Didalam game yang saya buat kita bisa memilih kisah atau legenda yang ingin kita mainkan secara interaktif dan edukatif. Bisa ditambah lagi untuk mode VR maupun 3D yang menarik. Karena biasanya suatu game yang 3D mengesankan keaslian dari sebuah karakter atau tokoh membuat pemain game merasa bahwa dirinya bisa masuk kedalam game tersebut. Dan juga isi legenda yang bervariatif bisa memungkinkan pembelajaran yang aktif bagi kita karena anak kecil pun hingga anak dewasa pun akan tau dan memahami akan berbagai legenda ataupun cerita rakyat yang di Indonesia. Game ini bisa terus dikembangkan terus menerus karena cerita rakyat di Indonesia begitu variatif.

Comments are closed.