Aplikasi Monjar Bantu Kamu Temukan Restoran Sesuai Kebutuhan Diet

Tren gaya hidup sehat belakangan ini makin populer, terutama di kalangan anak muda dan kaum urban. Perkembangan teknologi juga ikut berperan membuat tren ini semakin mewabah, dari mulai menjamurnya akun Instagram tentang makanan sehat, hingga beberapa aplikasi untuk memantau asupan kalori.

Mengonsumsi makanan sehat bisa dibilang merupakan sebuah kebutuhan, terlepas dari tren di ranah kuliner. Kebutuhan ini makin penting bagi orang-orang yang sedang menjalani program diet, atau memiliki masalah kesehatan tertentu.

Monjar-Featured

Namun, saat sedang berada di luar rumah atau sedang ingin makan di restoran, kadang tidak mudah untuk menemukan menu makanan sehat sesuai kebutuhan. Oleh karena itu, startup penyedia katering makanan sehat Gorry Gourmet kini menghadirkan sebuah aplikasi e-wellness bernama Monjar.

Terinspirasi pengalaman orang terdekat

Monjar menyediakan direktori makanan dengan informasi kandungan gizi setiap menu dari sejumlah restoran yang terdaftar. Herry Budiman dan William Susilo, kedua founder Gorry Gourmet, adalah pihak-pihak di balik terciptanya aplikasi ini.

“Bagi Herry dan William, ini lebih dari sekedar proyek bisnis. Monjar adalah suatu karya yang personal, sebuah aplikasi yang diharapkan dapat mengubah cara hidup banyak orang,” tambah Inka Nurlatifa, Associate Director Gorry Gourmet.

Inka menceritakan bagaimana awalnya Herry dan William mendapatkan ide untuk menciptakan Monjar. Mereka melihat bagaimana orang-orang di sekitar, termasuk orang tua mereka sendiri, kerap kesulitan ketika harus memilih tempat makan di luar rumah.

Mengingat internet dan smartphone sudah makin mudah diakses layaknya oksigen, mendapatkan rekomendasi restoran sebetulnya bukan hal sulit. Kamu bisa menggunakan aplikasi yang berisi direktori restoran, atau mencari restoran dengan menu tertentu di sebuah lokasi melalui internet.

“Akan tetapi, rekomendasi yang diberikan biasanya hanya dibagi menurut lokasi dan jenis makanannya saja tanpa memberikan detail kandungan gizi makanan yang disediakan,” lanjut Inka, “hal ini kerap membuat orang-orang yang sedang menjalani diet tertentu memutuskan untuk tidak pergi ke restoran karena takut merusak pola makan yang sudah ditetapkan.”

Sinergi dengan Gorry Gourmet

Menurut Inka, salah satu tujuan diciptakannya Monjar adalah agar dapat bersinergi dengan Gorry Gourmet. Model bisnis Monjar dapat menjadi alat customer relationship management (CRM) untuk Gorry Gourmet yang berbentuk e-wellness coach.

Jangan heran jika kamu menemukan ada beberapa produk Gorry Gourmet yang muncul di aplikasi ini. Walaupun tidak dijual secara langsung melalui Monjar, para pengguna akan melihat produk dari Gorry Gourmet di dalamnya.

Inka menjelaskan bahwa keberadaan Monjar dapat membantu untuk meningkatkan ketertarikan konsumen Gorry Gourmet yang sudah ada, sekaligus menjadi sarana akuisisi pelanggan baru .

Konsultasi dengan ahli gizi hingga monitor gaya hidup

Untuk membantu kamu menemukan menu yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, kamu perlu memasukkan serangkaian data kesehatan. Kamu juga dapat memilih tujuan diet yang diinginkan, mulai dari menu khusus untuk penderita diabetes, menu nonkolesterol, mengurangi berat badan, bahkan menu untuk membentuk otot.

Aplikasi Monjar akan menampilkan menu rekomendasi sesuai kebutuhan kamu. Selain menu di restoran, tersedia juga resep makanan yang bisa kamu coba masak sendiri,

Fitur menarik milik Monjar memungkinkan kamu untuk berkomunikasi langsung dengan ahli gizi yang disebut sebagai Monjar Coach. Mereka akan menjawab berbagai pertanyaan seputar kesehatan dan gaya hidup melalui percakapan teks di dalam aplikasi. Sayangnya, saat saya mencoba fitur tersebut, saya mendapatkan keterangan bahwa sedang tidak ada agen yang dapat membalas percakapan dalam waktu dekat.

Kamu juga dapat memantau apakah gaya hidup kamu sudah cukup sehat. Caranya, dengan mencatat riwayat kesehatan seperti berat badan, kadar gula, tingkat asam urat, bahkan kolesterol. Data-data tersebut perlu kamu masukkan secara manual.

Kuatkan layanan di Jakarta terlebih dahulu

Aplikasi Monjar pertama kali diluncurkan pada kuartal pertama 2017. Saat ini, Monjar masih dalam tahap soft launch. Kamu bisa mengunduh aplikasi Monjar baik di perangkat iOS maupun Android.

Sejak pertama kali Monjar diluncurkan, Inka mengklaim telah mendapatkan sekitar seribu unduhan. Jumlah tersebut didapatkan dengan mengundang secara acak para pengguna Gorry Gourmet.

Sejauh ini mereka telah bekerja sama dengan sekitar lima ratus restoran. Untuk tahap awal, Monjar berencana untuk melengkapi direktorinya dengan restoran-restoran di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Kemudian, baru berekspansi ke kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Source: id.techinasia.com