5 Fenomena Internet Ini Sering Banget Bikin Kontroversi, Tapi Masih Aja Dilakuin

Internet merupakan salah satu produk teknologi yang kini seakan telah menjadi suatu kebutuhan wajib bagi umat manusia. Internet tidak bisa dipungkiri telah memberikan banyak sekali manfaat bagi manusia dalam berbagai aspek kehidupan.

Seiring dengan banyaknya pengguna internet, beberapa tahun belakangan ini internet terus diramaikan dengan berbagai fenomena-fenomena unik yang mengundang pro dan kontra dan berbagai reaksi dari para pengguna aktif internet atau yang sering disebut sebagai Netizen. Dari sekian banyak fenomena yang terjadi di internet, kali ini Jaka telah merangkum beberapa fenomena internet yang paling sering mengundang kontroversi di seluruh dunia. Simak selengkapnya yuk!

202297183db4c65f943ce7565ca18203

1. Selfie

Salah satu fenomena internet yang paling banyak menjangkiti para netizen adalah fenomena Selfie. Selfiemerupakan tindakan memotret diri sendiri atau diri sendiri bersama orang lain untuk kemudian dipamerkan di media sosial, yang mana hal tersebut sering mengundang kontroversi. Di satu pihak, ada yang mengatakan kalau selfie ini merupakan wujud dari sisi narsis manusia (kecintaan pada diri sendiri secara berlebihan). Namun di sisi lain, ada juga yang mengatakan kalau selfie merupakan sesuatu yang perlu dilakukan untuk mengabadikan suatu momen.

2. Meme

Meme merupakan fenomena internet yang pada dasarnya berbentuk ekspresi manusia yang dituangkan dalam wujud tulisan dan gambar. Umumnya, meme ini digunakan sebagai lawakan, sindiran politik, dan kritik sosial. Meme juga turut menuai kontroversi karena terkadang ada saja meme yang dianggap kelewat batas atau tidak berkenan untuk sejumlah orang.

3. Cyber Bullying

Cyber Bullying merupakan bentuk bully yang dilakukan di internet. Misalnya saja pesan kasar, pesan hinaan, ancaman, dan sebagainya. Cyber Bullying ini marak terjadi karena ketidakstabilan emosi dari para pengguna internet. Selain dapat memengaruhi pribadi pengguna internet yang mengalami bully, Cyber Bullying ini juga dapat menimbulkan perselisihan di dunia maya.

4. Berita Hoax dan Ujaran Kebencian

selain Cyber Bullying, berita hoax dan ujaran kebencian merupakan fenomena internet yang belakangan ini sangat mengkhawatirkan. Berita hoax merupakan berita palsu yang sengaja dibuat oleh pengguna internet dengan tujuan tertentu dan biasanya berita hoax ini dibarengi ujaran kebencian. Tentu saja kedua hal ini dapat menimbulkan berbagai masalah seperti kesalahan informasi dan perselisihan antar pengguna internet.

5. Berbagai Challenge Aneh

Beberapa tahun belakangan ini, internet juga diramainkan fenomena-fenomena aneh seperti Underboob Challenge, Ice Bucket Challenge, Mannequin Challenge, dan masih banyak lagi. Fenomena-fenomena yang entah berasal dari mana ini terkadang dilakukan sebagai bentuk kepedulian pengguna internet akan suatu masalah sosial (contohnya Ice Bucket Challenge untuk tujuan amal). Namun, kebanyakan challenge lainnya hanya dibuat untuk tujuan seru-seruan saja, yang mana hal tersebut dianggap tidak berguna oleh sebagian orang.

Itulah tadi 5 fenomena internet yang sering mengundang kontroversi, semoga bermanfaat ya. Dari kelima fenomena di atas, fenomena cyber bullying dan berita hoax merupakan fenomena yang belakangan ini kian memprihatinkan sehingga sebagai netizen, sebaiknya kita turut berpartisipasi dalam melawan fenomena-fenomena buruk tersebut. Akhir kata, pastikan kalian meninggalkan jejak di kolom komentar serta share ke teman-teman kalian ya.

Source: jalantikus.com