Startup Strategi Sticar Tingkatkan Awareness di Tengah Masyarakat

Sejak berdiri pada Oktober 2016 yang lalu, Sticar sebagai startup teknologi yang menawarkan solusi iklan di luar ruangan terus berupaya agar layanannya semakin dikenal masyarakat. Saat ini ada beberapa cara yang dilakukan Sticar untuk mencapai target tersebut.

Menurut sang CEO Rio Darmawan, cara pertama yang mereka lakukan adalah menjalankan kampanye digital atau beriklan melalui media sosial seperti di Instagram ataupun Facebook secara rutin. Selain itu, pihaknya juga merilis artikel setiap bulan melalui blog resmi dan mendistribusikannya ke media online ataupun cetak.

“Secara komunitas, mitra pengemudi kami sekarang sudah membuat komunitas sendiri, namanya Pilot Sticar Community. Kami rutin menjadwalkan kopi darat setiap dua minggu sekali dan arisan satu bulan sekali. Mereka bahkan sekarang sudah punya uang kas sendiri,” ujar Rio kepada Tech in Asia Indonesia.

Sticar juga tengah memperluas layanan mereka dengan beroperasi di empat belas kota, seperti Jabodetabek, Bandung, Bali, Medan, Surabaya, Semarang, Malang, Yogyakarta, Palembang, dan Lampung. Jumlah mobil yang menjadi mitra mereka saat ini, kata Rio, sudah sekitar tiga ribuan. Pihaknya juga berencana memperluas layanannya ke Makassar.

“Tantangan kami sekarang adalah bagaimana kami bisa mendapatkan mitra pengemudi yang tidak hanya berdomisili di Jakarta, namun juga di kota-kota lainnya,” kata Rio. “Saat ini kami tengah aktif menjaring masyarakat seluruh Indonesia untuk bergabung dengan kami agar bersama-sama menciptakan pertumbuhan ekonomi bagi Indonesia tentunya.”

Utamakan kepuasan klien

Sticar bukan satu-satunya startup yang bermain di ranah media iklan luar ruangan. Mereka harus bersaing dengan kompetitor yang menawarkan layanan serupa seperti StickEarn, Promogo, KarAds, DoQar, Ubiklan, serta WrapMobil.

Lantas, bagaimana strategi mereka untuk bersaing dengan para kompetitor tersebut? “Yang paling kami perhatikan untuk bersaing adalah kepuasan pelanggan daripada revenue. Artinya, kita fokus pada service dan maintenance yang kita berikan ke pengiklan,” ujar Rio.

Selain itu, Rio menuturkan bahwa Sticar juga fokus dengan customer retention (kesetiaan pengguna) agar bisa bersaing dengan kompetitor. “Bagaimana caranya bikin pengiklan yang sudah ada merasa puas dan balik lagi sama kami,” pungkasnya.

Source: id.techinasia.com