Wih! Twitter Hemat Data Diuji di Android!

Awal tahun ini, Twitter meluncurkan situs web mobile Twitter Lite yang mampu menghemat konsumsi data internet dibanding situs web dan aplikasi Twitter reguler. Kemampuan tersebut agaknya bakal diperluas ke aplikasi mobile, karena Twitter belakangan diketahui sedang mengiji coba aplikasi bernama “Twitter Lite” untuk platorm Android.

Aplikasi yang bersangkutan sudah ada di toko Google PlayStore, namun sejauh ini baru di negara Filipina saja, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Senin (25/9/2017).

Aplikasi Twitter Lite ini berbeda dari aplikasi Twitter reguler dan bisa dijalankan di perangkat dengan OS Android 5.0 atau yang lebih baru, dengan koneksi internet 3G atau 2G. Ada dukungan bahasa Inggris dan Filipina untuk pengguna.

Seorang juru bicara Twitter mengatakan, pihaknya memang sedang melakukan uji coba Twitter Lite di Filipina. “Uji Twitter Lite di Google Play Store Filipina adalah peluang untuk meningkatkan ketersediaan Twitter di pasar ini,” ujarnya.

“Pasar Filipinan memiliki jaringan mobile yang lamban, sementar harga paket datanya mahal. Perangkat mobile dengan storage yang terbatas pun masih populer di sana. Twitter Lite membantu mengatasi hambatan ini bagi para pengguna di Filipina,” lanjut dia.

Aplikasi Twitter Lite sendiri memiliki beberapa fitur yang serupa dengan aplikasi Twitter reguler. Ada opsi melihat timeline, notifikasi, explore, dan kustomisasi profile, di samping udpate soal berita, skor pertandingan, dan hiburan.

Namun, Twitter Lite bisa diatur agar tidak melakukan loading media (foto atau video) secara otomatis. Pengguna bisa memilih sendiri konten media yang akan diunduh dan dilihat.

Penghematan datanya, untuk Twitter Lite versi web, diklaim bisa mencapai 70 persen, sementara ukuran aplikasi Twitter Lite sendiri  kurang dari 3 MB.

Source: kompas.com